Bawaslu Seruyan Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024

oleh -264 Dilihat
Momen foto, Bersama Setelah Melaksanakan Apel Siaga Pemilu 2024, di Lapangan Tenis Indor Kuala Pembuang

AspirasiRakyat.Id Kuala Pembuang– Menanggapi kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Seruyan, melaksanakan apel siaga pengawasan pemilu tahun 2024 bertempat di lapangan tenis indoor Kabupaten Seruyan, pada Kamis, 8 Februari 2024.

Acara tersebut juga dihadiri Pj Bupati Seruyan Djainuddin Noor yang diwakili Asisten I Setda, Agus Suharto, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Kelompok Kerja (Pokja) Pokja Netralitas ASN dan TNI-Polri, Pokja Penangkal Isu-isu negatif, Pokja Kampanye dan APK.

banner 336x280

Selain itu, ketua dan anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Seruyan, Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD), Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur.

Ketua Bawaslu Seruyan, Umar Zahid Bustomi menyampaikan, Apel Siaga Pengawasan Pemilu Serentak Tahun 2024 tersebut sebagai bentuk persiapan Bawaslu dalam mengawasi Pemilu.

“Masa kampanye tinggal dua hari lagi, setelah masa kampanye berakhir, kita akan memasuki masa tenang pada tanggal 11-13 Februari 2024. Dan memasuki puncak pemungutan suara pada 14 Februari 2024,” katanya.

“Untuk itu, diharapkan agar seluruh jajaran pengawas Pemilu di Kabupaten Seruyan, Panwaslu Kecamatan, PKD dan juga PTPS. Jaga Kesehatan, jaga solidaritas, jaga soliditas, jaga integritas dan jaga netralitas,” sambungnya.

Umar juga berpesan, agar pengawas di seluruh tingkatan bersinergi menjalankan tugas-tugas pengawasan sesuai dengan prosedur peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Bangun sinergitas dan juga komunikasi dengan sesama penyelenggara Pemilu, antara Panwaslu Kecamatan dengan PPK, antara PKD dengan PPS, antara PTPS dengan KPPS maupun dengan pemerintah, tokoh masyarakat hingga ke tingkat desa,” katanya.

Dengan sinergi dan komunikasi yang baik kata Umar, dapat mencegah kemungkinan adanya pelanggaran, baik itu pelanggaran etik yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu, maupun pelanggaran administrasi dan juga pidana yang dilakukan oleh peserta Pemilu ataupun oleh masyarakat.

“Kita harus ingat, suksesnya pengawasan yang dilakukan Bawaslu bukan dilihat dari berapa banyak kita melakukan penindakan pelanggaran Pemilu. Tapi, seberapa banyak kiita mampu melakukan upaya-upaya pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran,” katanya.

Sukses dan tidaknya penyelenggaraan Pemilu 2024 juga menjadi tanggung jawab kita semua. Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Seruyan mengajak kepada seluruh masyarakat, pemangku kepentingan dan peserta Pemilu untuk pro aktif dan bertanggung jawab dalam menciptakan suasana yang kondusif.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan tahapan Pemilu selama ini. Saya juga mengapresiasi dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh Panwaslu Kecamatan dan PKD yang selama ini telah melaksanakan tugas, membersamai kami, membantu tugas-tugas kami dalam pengawasan tahapan kampanye. Jika ada arahan, instruksi yang kurang mengenakkan, kurang menyenangkan yang terkadang tidak mengenal waktu. Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya. Itu semua kami lakukan sebagai bentuk tanggung jawab kami dalam menjalankan tugas yang telah diamanatkan oleh negara kepada kita semua,” tuturnya.

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.